Bass solo dari Ad pedes , bagian pertama dari oratorio Membra Jesu Nostri Dieterich Buxtehude, salah satu dari siklus tujuh kantata.
Kantata ( Italia untuk dinyanyikan ) adalah komposisi musik vokal dengan iringan instrumental dan umumnya berisi lebih dari satu gerakan. Istilah ini tidak ada sebelum abad keenam belas, ketika semua musik "berbudaya tinggi" adalah vokal, tetapi dengan munculnya musik instrumental pada abad ketujuh belas, istilah tersebut muncul ketika seni instrumental menjadi cukup berkembang untuk diwujudkan dalam bentuk sonata.
Dari pertengahan abad ketujuh belas hingga akhir abad kedelapan belas, bentuk favorit musik kamar Italia adalah kantata untuk satu atau dua suara solo, dengan iringan harpsichord dan mungkin beberapa instrumen solo lainnya. Itu pada awalnya terdiri dari narasi deklamasi atau adegan dalam resitatif, disatukan oleh aria primitif yang diulang pada interval tertentu. Contoh bagus dapat ditemukan dalam musik gereja Giacomo Carissimi; dan solo vokal bahasa Inggris dari Henry Purcell (seperti Mad Tom dan Mad Bess ) menunjukkan yang terbaik dari bentuk kuno ini. Dengan munculnya Da Capo aria, kantata menjadi kelompok yang terdiri dari dua atau tiga arias yang digabungkan dengan resitatif. Banyak duet dan trio Italia George Frideric Handel adalah contoh dalam skala yang agak besar. Motet Latinnya Silete Venti , untuk solo sopran, menunjukkan penggunaan bentuk ini dalam musik gereja.
Kantata Italia
Kantata solo Italia cenderung, ketika dalam skala besar, menjadi tidak dapat dibedakan dari sebuah adegan dalam opera, dengan cara yang sama kantata gereja, solo atau paduan suara, tidak dapat dibedakan dari oratorio kecil atau bagian dari oratorio. Ini sama-sama terbukti apakah kita memeriksa kantata gereja Bach yang tak tertandingi, yang hampir 200 masih ada (lihat daftar kantata oleh Johann Sebastian Bach ), atau Chandos Anthems of Handel. Dalam kasus Johann Sebastian Bach, banyak kantata yang lebih besar sebenarnya disebut oratorios; dan Oratorio Natal adalah kumpulan enam kantata gereja yang sebenarnya dimaksudkan untuk pertunjukan pada enam hari yang berbeda, meskipun bersama-sama membentuk keseluruhan artistik selengkap oratorio klasik mana pun [...]