Fuzzy logic

Logika fuzzy , bila ditafsirkan dalam arti yang lebih luas, adalah teori himpunan fuzzy . Konsep himpunan fuzzy menyediakan cara yang mudah untuk merepresentasikan berbagai pengertian dengan ketidaktepatan, ketidakjelasan, atau ketidakjelasan, misalnya muda, tinggi, dingin, dan sebagainya, yang sering kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, logika fuzzy memiliki pemikiran yang lebih mirip daripada logika tradisional cara manusia benar-benar berpikir, di mana alternatifnya tidak hitam dan putih tetapi nuansa abu-abu. Logika fuzzy telah berhasil dalam berbagai aplikasi teknik.

Ketika ditafsirkan dalam arti yang lebih sempit, logika fuzzy adalah perluasan dari logika dua nilai biasa sedemikian rupa sehingga titik-titik dalam satuan interval diperbolehkan sebagai nilai kebenaran. Karena nilai-nilai kebenaran digeneralisasi sedemikian rupa, operasi fungsional-kebenaran biasa juga digeneralisasikan.

Logika fuzzy kontroversial di beberapa kalangan, meskipun diterima secara luas dan rekam jejak aplikasi yang sukses. Itu ditolak oleh beberapa insinyur kontrol untuk validasi dan alasan lain, dan oleh beberapa ahli statistik yang berpendapat bahwa probabilitas adalah satu-satunya deskripsi matematis yang ketat tentang ketidakpastian. Kritikus juga berpendapat bahwa itu tidak bisa menjadi superset dari teori himpunan biasa karena fungsi keanggotaan didefinisikan dalam himpunan konvensional.

Set Fuzzy

Logika fuzzy mempelajari himpunan fuzzy, yang pertama kali diperkenalkan oleh L. Zadeh pada tahun 1965. Zadeh berpendapat bahwa arti dari banyak kata dalam bahasa alami datang dengan derajat. Usia dua belas tahun dan 18 tahun jelas sama-sama muda; namun 12 tahun lebih muda dari 18 tahun. Untuk mewakili ini, dia memperkenalkan konsep himpunan bagian fuzzy . Subhimpunan fuzzy dari himpunan U yang diberikan adalah fungsi dari U ke [1, 0]. Nilai yang diberikan oleh himpunan fuzzy A ke elemen x dalam U disebut derajat keanggotaan x dalam himpunan fuzzy A . Subhimpunan fuzzy biasanya disebut hanya sebagai himpunan fuzzy . Dengan menggunakan kerangka ini, arti dari, katakanlah, kata 'Ĺ“muda' dapat direpresentasikan [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan