Katedral

São Paulo, dibangun pada pertengahan abad ke-20, salah satu bangunan besar terbaru di dunia dengan gaya Gotik.

Sebuah katedral adalah sebuah gereja Kristen yang mengesankan yang secara tradisional berisi kursi seorang uskup. Katedral-Katedral agung dunia mewakili salah satu dari sekian banyak upaya umat manusia untuk berhubungan dengan Tuhan. Selama Abad Pertengahan, Katedral sangat penting dalam kehidupan orang Kristen abad pertengahan karena melayani berbagai fungsi: katedral adalah tempat ibadah komunal, ritual, perayaan, pendidikan, dan pemerintahan. Secara khusus, Katedral mewakili kursi otoritas lokal dan kekuasaan gerejawi dan sering berfungsi sebagai pusat sosial, seperti Balai Kota. Ini adalah bangunan keagamaan untuk ibadah, khususnya denominasi dengan hierarki uskup, seperti Katolik Roma, Anglikan, Ortodoks, dan beberapa gereja Lutheran, yang berfungsi sebagai kursi uskup, dan dengan demikian sebagai gereja pusat keuskupan.

Katedral adalah monumen kemuliaan dan kebesaran Tuhan. Struktur mereka yang menjulang tinggi mewakili visual Axis Mundi untuk berhubungan dengan Yang Ilahi. Selain itu, mereka menawarkan instruksi visual kepada massa yang pada umumnya buta huruf yang sering belajar tentang agama dengan mengamati seni sakral dan arsitektur yang menghiasi katedral.

di Katedral Episkopal Saint Mary, Memphis, Tennessee. foto G.Bridgman

Definisi

Kursi Uskup Broughton, Uskup Anglikan pertama di Sydney.

Kata katedral berasal dari kata benda Latin "cathedra" ( kursi atau kursi ), dan mengacu pada keberadaan kursi atau tahta uskup atau uskup agung. Di dunia kuno, kursi adalah simbol seorang guru dan dengan demikian peran uskup sebagai guru, dan juga pejabat yang memimpin sebagai hakim dan dengan demikian peran uskup dalam mengatur keuskupan.

Kata katedral, meskipun sekarang secara tata bahasa digunakan sebagai kata benda, aslinya adalah kata sifat dalam frasa "gereja katedral", dari bahasa Latin "ecclesia cathedralis" [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan