Melbourne Chorale (belakang panggung)
Paduan suara , paduan suara , atau paduan suara adalah ansambel musik penyanyi . Tubuh penyanyi yang tampil bersama disebut paduan suara atau paduan suara. Istilah yang pertama sangat sering diterapkan pada kelompok yang berafiliasi dengan gereja (apakah mereka benar-benar menempati quire atau tidak) dan yang kedua pada kelompok yang tampil di teater atau ruang konser, tetapi perbedaan ini jauh dari kata kaku.
"Choir" memiliki definisi sekunder dari subset dari ansambel; dengan demikian orang berbicara tentang "paduan suara tiup kayu" dari sebuah orkestra, atau "paduan suara" yang berbeda dari suara dan/atau instrumen dalam komposisi polikoral. Dalam oratorio dan massa abad kedelapan belas hingga kedua puluh, paduan suara atau paduan suara biasanya dipahami menyiratkan lebih dari satu penyanyi per bagian, berbeda dengan kuartet solois yang juga ditampilkan dalam karya-karya ini.
Struktur paduan suara
Paduan suara sering dipimpin oleh konduktor atau choirmaster. Paling sering paduan suara terdiri dari empat bagian tetapi tidak ada batasan jumlah bagian yang memungkinkan: Thomas Tallis menulis motet 40 bagian berjudul Spem in alium , untuk delapan paduan suara yang masing-masing terdiri dari lima bagian; Krzysztof Penderecki's Stabat Mater adalah untuk tiga paduan suara yang masing-masing terdiri dari 16 suara, total 48 bagian. Selain empat, jumlah bagian yang paling umum adalah tiga, lima, enam dan delapan.
Paduan suara dapat bernyanyi dengan atau tanpa iringan instrumental. Menyanyi tanpa iringan disebut nyanyian cappella (meskipun American Choral Directors Association melarang penggunaan ini demi "tanpa pendamping"). Instrumen pengiring dapat terdiri dari hampir semua instrumen, dari satu hingga orkestra lengkap; untuk latihan iringan piano atau organ sering digunakan meskipun instrumentasi yang berbeda direncanakan untuk pertunjukan, atau untuk latihan musik cappella . Sementara gereja-gereja Ortodoks Timur dan beberapa sinagog melarang penggunaan instrumen, di gereja-gereja ritus barat, instrumen pengiringnya hampir selalu berupa organ [...]