Pueblo

 

Artikel ini adalah tentang komunitas struktur seperti apartemen di Amerika Serikat Barat Daya . Untuk orang-orang yang tinggal di komunitas ini, lihat Orang Pueblo .

Acoma Pueblo, dikenal sebagai "Kota Langit"

Pueblo adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan komunitas penduduk asli Amerika modern (dan kuno) di bagian Barat Daya yang sekarang menjadi Amerika Serikat. Penjelajah Spanyol pertama di Barat Daya menggunakan istilah ini untuk menggambarkan komunitas yang terdiri dari struktur mirip apartemen yang terbuat dari batu, lumpur adobe, dan bahan lokal lainnya, yang menyediakan insulasi yang sangat baik dari dingin di musim dingin dan panas di musim panas. Mereka biasanya berupa bangunan bertingkat yang mengelilingi alun-alun terbuka dan ditempati oleh ratusan hingga ribuan Orang Pueblo. Dirancang untuk pertahanan sekaligus tempat berlindung, pueblo sering dibangun di atas mesa yang curam. Aspek pertahanan lainnya adalah kurangnya pintu di permukaan tanah, yang membutuhkan masuk dari atap yang dicapai dengan tangga yang ditarik pada saat bahaya. Hari ini, pueblos memiliki pintu di permukaan tanah. Orang Pueblo masih mendiami sejumlah desa ini, yang berusia ribuan tahun menjadikannya tempat tinggal tertua yang terus ditempati di Amerika Utara.

Pada awal abad ke-20, Gaya Kebangkitan Pueblo, sebuah gaya arsitektur yang berupaya meniru penampilan konstruksi adobe tradisional, menjadi populer dan tetap demikian hingga saat ini. Bangunan dalam gaya ini berkisar dari rumah tunggal hingga struktur yang lebih besar yang dirancang sebagai hotel, perpustakaan, dan gedung universitas.

Etimologi dan penggunaan

Kata Spanyol pueblo , berevolusi dari kata Latin populus (orang), yang berarti "kota". Penjelajah Spanyol menemukan penduduk asli Amerika yang tinggal di kelompok tempat tinggal ini ketika mereka mencapai Barat Daya pada abad keenam belas:

Di meseta Spanyol tengah, unit pemukiman dulu dan sekarang adalah pueblo ; artinya, desa berinti yang besar dikelilingi oleh ladangnya sendiri, tanpa pertanian terpencil, terpisah dari tetangganya dengan jarak yang cukup jauh, kadang-kadang sejauh sepuluh mil atau lebih [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan