Sejarah Politik

Halaman judul Sejarah Dunia Para Sejarawan.

Sejarah politik adalah narasi dan analisis peristiwa politik, gagasan, gerakan, dan pemimpin. [1] Ini biasanya terstruktur di sekitar negara-bangsa, dan berbeda dari, tetapi terkait dengan, bidang sejarah lainnya seperti sejarah sosial, sejarah ekonomi, dan sejarah militer. Umumnya, sejarah politik berfokus pada peristiwa yang berkaitan dengan negara-bangsa dan proses politik formal. Menurut Hegel, sejarah politik "adalah gagasan tentang negara dengan kekuatan moral dan spiritual di luar kepentingan material rakyatnya: diikuti bahwa negara adalah agen utama perubahan sejarah." Ini kontras misalnya dengan sejarah sosial, yang berfokus terutama pada tindakan dan gaya hidup orang biasa, [2] atau sejarah rakyat, yang merupakan karya sejarah dari perspektif orang biasa, non-elit.

Perkembangan, di samping sejarah politik, rekonstruksi sejarah yang bertujuan untuk mengungkapkan pandangan mereka yang suaranya tidak terdengar dalam rekonstruksi sejarah dari atas ke bawah berfungsi untuk menekankan bahwa semua sejarah ditulis dari sudut pandang seseorang. Cara penulisan sejarah bangsa-bangsa biasanya berfungsi untuk membenarkan, memaafkan, atau kadang-kadang mengecam bagaimana para pemimpin mereka bertindak. Yang terakhir ini terutama benar jika terjadi pergantian kepemimpinan, terkadang setelah peristiwa bencana. Untuk membangun gambaran pembangunan manusia yang lebih utuh dan utuh, diperlukan berbagai pendekatan. Analisis berbasis nilai sejarah yang berkaitan dengan pelajaran yang dapat dipelajari dan dengan bagaimana keputusan yang dibuat oleh elit berdampak baik atau buruk pada kehidupan non-elit harus menghadapi tantangan untuk mengidentifikasi berbagai macam suara dan menemukan sumber-sumber yang biasa dilupakan, sengaja dikesampingkan atau bahkan ditekan.

Bagi mereka yang mengandaikan bahwa sejarah memiliki tujuan takdir, kemungkinan bahwa Tuhan bekerja melalui kehidupan non-elit yang belum memberikan kontribusi signifikan bagi masyarakat terdekat mereka, meningkatkan kehidupan masyarakat, harus selalu terbuka. Sejarah politik seringkali merupakan narasi pertempuran, tentang bangsa yang mengalahkan bangsa, tentang kemenangan para jenderal, dan tentang raja dan politisi yang memerintahkan mereka untuk berperang [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan